Domain dan Hosting

Alamat website dan tempat simpan file dan app

Domain dalam konteks teknologi informasi merujuk pada alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs web di internet.

Apa itu Domain?

Domain biasanya terdiri dari beberapa komponen, seperti nama unik yang dipilih oleh pemilik situs dan ekstensi domain seperti .com, .org, .net, dan lainnya. Misalnya, dalam “www.namaSitusWeb.com,” “namaSitusWeb.com” adalah domain.

Domain bekerja sebagai pengganti dari alamat IP (Internet Protocol) yang sulit diingat oleh manusia. Dengan menggunakan domain, pengguna dapat mengakses situs web dengan mudah hanya dengan mengingat nama yang lebih manusiawi daripada serangkaian angka pada alamat IP.

Pendaftaran domain biasanya melibatkan pembayaran kepada registrar domain yang sah dan memberikan hak penggunaan nama domain tertentu untuk jangka waktu tertentu, yang bisa diperpanjang oleh pemilik domain.

Penting untuk memilih domain yang relevan, mudah diingat, dan sesuai dengan tujuan situs web yang ingin dibuat.

Apa itu Hosting?

Hosting merujuk pada layanan yang menyediakan ruang dan sumber daya yang diperlukan untuk menyimpan dan menjalankan situs web atau aplikasi web di internet. Ketika seseorang membuat situs web, semua file, gambar, kode, dan konten lainnya perlu disimpan di suatu tempat yang bisa diakses oleh pengguna dari seluruh dunia. Inilah peran hosting.

Layanan hosting web menyediakan infrastruktur server yang diperlukan untuk menyimpan semua data situs web tersebut. Ada berbagai jenis hosting, termasuk:

1. Shared Hosting: Situs web Anda berbagi sumber daya server dengan situs web lain di server yang sama. Ini adalah solusi yang terjangkau untuk situs web kecil atau baru.

2. VPS Hosting (Virtual Private Server):  Meskipun masih menggunakan satu server fisik, VPS memberikan lingkungan yang lebih terisolasi dan kontrol yang lebih besar atas sumber daya.

3. Dedicated Hosting: Anda memiliki server secara eksklusif untuk situs web Anda sendiri, memberikan kontrol penuh atas sumber daya server.

4. Cloud Hosting: Situs web Anda dihosting di jaringan server yang terhubung, memungkinkan skalabilitas yang lebih baik dan kemampuan untuk menangani lonjakan lalu lintas.

5. Managed WordPress Hosting: Layanan hosting yang dioptimalkan khusus untuk situs web berbasis WordPress, dengan fitur-fitur tambahan seperti keamanan dan pemeliharaan yang dikelola oleh penyedia hosting.

Setiap jenis hosting memiliki kelebihan dan kekurangan serta cocok untuk kebutuhan yang berbeda. Pemilihan jenis hosting harus mempertimbangkan tingkat lalu lintas situs web, kebutuhan sumber daya, tingkat keamanan, dan kemampuan teknis yang tersedia untuk mengelola server.

Penyedia hosting umumnya menawarkan layanan seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dukungan teknis, keamanan, dan fitur tambahan seperti email hosting, database, dan alat manajemen situs. 

harga Domain Hosting Jason Agency

1

Paket Dohost Personal

2

Paket Dohost Cloud

Mau website terima beres?

Jangan lewatkan kesempatan melihat harga pembuatan website kami! Siapa tahu Anda tertarik. Silakan cek di sini: Klik Tombol harga  Terima kasih!

Shopping Cart
Open chat
Butuh bantuan?
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?